Translate

Kamis, 26 April 2012

"CARA MENYEMBUNYIKAN FILE DIKOMPUTER DENGAN FILE BAT"

Hay gan pa kabar?
Semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat.
Oke gan, kita bertemu lagi sekarang dalam pembahasan yang masih sama dengan pembahasan yang sebelumnya. Kemarin saya membahas tentang cara menyembunyikan file dikomputer dengan cara mengganti attributes filenya. Semoga pembahasan kemarin masih diingat dan dipahami.

Kembali lagi saya disini akan membahas tentang cara menyembunyikan file dikomputer namun dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menggunakan file berextensi bat. Karena cara menyembunyikan file dengan mengganti attributes file masih ada kelemahannya, yaitu masih bisa terdeteksi oleh antivirus seperti SMADAV dengan keterangan sebagai file hidden, dan apabila di FIX an maka file yang kita sembunyikan akan terlihat kembali. Wah bisa brabE nanti.

Oke langsung saja kita kepembahasan.
Berhubung yang kita bahas pada kesempatan ini tentang "Cara Menyembunyikan File Dikomputer Dengan File Bat". Maka, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu file bat?

File bat adalah suatu file yang dibuat dengan menggunakan notepad yang berisikan sebuah perintah untuk memerintahkan PC melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan perintah yang ditulis pada file tersebut , dimana file bat ini dijalankan/diexecute melalui command prompt.

Eeehhh....
Jadi seperti itu sedikit gambaran tentang file bat, semoga tidak salah. Baik, kita langsung mencoba mempraktekan cara membuat dan menggunakannya.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka notepad pada Pc :

Buka program notepad di Pc anda. Yaitu dengan cara masuk ke menu star, sorot kata Run, Lalu klik.


Setelah kotak Run muncul, ketikkan kata notepad pada kotak Run tersebut, lalu tekan Enter pada keyboard.


Setelah kita sudah membuka program notepadnya langsung tulis sebuah perintah yang nanti akan dijalankan di Pc.
Perintah yang harus anda tulis adalah : "attrib +r +a +h +s /s /d" tanpa tanda kutip.


Setelah perintah diatas selesai ditulis, maka langsung saja simpan file tersebut dimana saja sesuai keinginan anda. Perlu diperhatikan pada kotak File Name isikan nama sesuai keinginan anda, dan inget didepan nama file harus ditambah kata (.bat). Kemudian pada kotak Save as Type pilih kategori All File.
Contoh, saya kasih nama dengan "file hidden.bat" , dan Save as Type kita pilih kategori All File.


Setelah file tersebut sudah jadi langsung saja copy file tersebut ketempat file-file yang akan anda sembunyikan. Setelah file tersebut sudah dicopy ditempat file-file yang akan anda sembunyikan maka tekan enter, dan lihat hasil dari kerja file tersebut.

Emmm....
Tapi tunggu dulu, kalo file-file kita sudah hilang semua terus gimana caranya kalo kita butuh kembali file-file tersebut.

Gampang, kita tinggal buat file seperti tadi, hanya saja perintahnya ada yang harus diganti. Yaitu pada simbol plus(+) diganti dengan Minus (-). Seperti ini tepatnya perintah yang harus anda ketik : "attrib -r -a -h -s /s /d" lalu simpan dengan memberi nama apa saja dan ujungnya dikasih (.bat). Jalankan file tersebut!

Sekarang lihat hasil dari execute file tersebut.

SELAMAT MENCOBA!!!

Mohon tinggalkan saran dan komentar yah?!!


2 komentar: