Translate

Selasa, 24 April 2012

"CARA MENYEMBUNYIKAN FILE DIKOMPUTER"

Komputer pada saat ini menjadi benda yang sangat penting dan sangat digemari. Banyak kegiatan / pekerjaan yang menggunakan jasa komputer, mulai dari pencatatan, pembukuan, promosi, bisnis dan masih banyak lagi.

Bahkan dalam hal penyimpanan data-data yang penting dan dianggap rahasiapun kita memberikan kepercayaan kepada komputer untuk menjaga dan merawatnya. Kita tahu komputer hanya sebatas menyimpan dan meMUMIkan data kita agar tidak hilang dan rusak, namun tidak dapat menyembunyikan file-file kita dari mata dan tangan-tangan nakal, tanpa kita langsung bergerak untuk menyembunyikannya sendiri, ya tentunya dengan cara kita masing-masing.

Lantas bagaimana cara kita melakukan hal itu?
Ada satu cara yang sangat mudah dan sederhana untuk menyembunyikan file/dokumen/data agar tidak dapat dilihat oleh orang lain pada saat komputer kita dijamah orang lain.

Cara yang digunakan biasanya dengan hal sebagai berikut :
  1. Cari file/dokumen/data yang akan disembunyikan
  2. Setelah ketemu, klik kanan pada file/dokumen/datanya
  3. Pilih properties
  4. Pada kotak properties dibagian general ceklis dikotak Hidden (attributes) dan buang ceklis dikotak read only (attributes)
  5. Setelah itu pilih OK
  6. Jreng-jreng hilang deh filenya.
Jadi data-data kita aman dari tangan-tangan jahil. Tapi, gimana kalau kita nanti butuh datanya kalau data yang tadi kita sembunyikan tidak terlihat sama sekali?

Nah loh bingungkan??!!
Makanya jangan diumpet-umpetin deh!! Hehehe....
Tenang ada caranya kok buat ngebalikin data yang hilang tadi. Caranya adalah :
  1. Masuk ke menu explore dengan cara klik kanan pada start dan pilih explore (atau tekan gambar bendera dan E pada keyboard)
  2. Lalu pilih menu Tools yang ada dibagian atas (atau tekan Alt dan T)
  3. Kemudian pilih Folder Options.... (posisi paling bawah pada menu Tools)
  4. Setelah muncul kotak Folder Options pilih kotak view
  5. Lalu dibagian folder dengan nama hidden files and folders pilih yang show hidden files, folders, and drivers
  6. Terakhir OK.
Ting nong ada lagi deh file yang disembunyiin tadi. Kalo sudah ada tinggal kita buka filenya deh.
Untuk mengembalikan file yang disembunyikan tadi menjadi sedia kala, caranya sama dengan menyembunyikan file, hanya pada kotak hidden buang ceklisnya, jadi ke keadaan semula lagi deh.

Tunggu post saya tentang menyembunyikan file/data-data dengan cara yang lebih praktis dan lebih mantap dilain waktu.

Tinggalkan pesan dan sarannya yah?
 
Nb : "Data yang disembunyikan dengan cara ini bisa jadi terdeteksi oleh antivirus (pengalaman saya, data yang disembunyikan bisa terdeteksi oleh smadav sebagai file hidden, jika di fix an datanya terlihat kembali)".

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus